Pengertian, Sejarah, dan Kelebihan One Stop Shopping

Selasa, 28 November 2023 - 15:20 WIB
loading...
Pengertian, Sejarah,...
One stop shopping merupakan salah satu metode belanja yang tercetus nyaris satu dekade lalu, namun masih digemari masyarakat hingga kini. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - One stop shopping merupakan salah satu metode belanja yang tercetus nyaris satu dekade lalu, namun masih digemari masyarakat hingga kini.

Namun, tahukah Anda apa maksud dari one stop shopping ? Mengapa metode tersebut dilirik oleh masyarakat kita saat ini?

Pengertian One Stop Shopping



Jika diartikan secara harfiah, one stop shopping adalah belanja sekali berhenti. Artinya, Anda bisa mendapatkan berbagai produk mulai dari makanan dan minuman, hingga gadget dan elektronik serta kebutuhan lainnya di dalam satu tempat.

Ini merupakan sebuah konsep bisnis yang menawarkan berbagai layanan dalam satu atap sehingga konsumen bisa mendapatkan semua yang dibutuhkan tanpa perlu pergi ke tempat lainnya.



Konsep One Stop Shopping biasanya ada pada toko yang menyediakan segala sesuatu yang kemungkinan dibutuhkan pelanggan. Bisa dibilang ini merupakan toko serba ada yang menyediakan berbagai barang sehingga pelanggan dapat membeli semua kebutuhan mereka di satu tempat tanpa harus pergi ke tempat lain.

Dalam budaya belanja online, ini bisa disebut sebagai marketplace yang menyediakan berbagai macam kebutuhan dalam satu platform. Sehingga Anda tidak perlu browsing atau men-download aplikasi lain saat berbelanja.

Sejarah One Stop Shopping



Istilah one stop shopping pertama kali digunakan di Amerika Serikat pada akhir 1920-an atau awal 1930-an untuk menggambarkan model bisnis yang menawarkan kenyamanan kepada pelanggan dalam memenuhi berbagai kebutuhan di satu lokasi, tanpa harus berjalan menyusuri kota untuk mendapatkan layanan terkait di toko yang berbeda.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)